30.6 C
Bogor

BBPMKP Kementan Raih Predikat Lembaga Informatif Dalam KIP 2023

Published:

 

 

Bogor-Jawa Barat. Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian berhasil meraih predikat lembaga informatif dalam kompetisi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) lingkup Kementerian Pertanian tahun 2023. Pemberian predikat tersebut diraih setelah berkompetisi dengan Unit Kerja Eselon II lainnya lingkup Kementerian Pertanian dalam pengisian Self Assessment Questtionnare (SAQ) berkaitan dengan Keterbukaan Informasi Publik.

 

Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu prinsip akuntabilitas dan transparansi lembaga yang mendorong suatu lembaga publik membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memperoleh informasi lembaga. Terwujudnya keterbukaan informasi di seluruh badan publik merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa wajib hukumnya untuk insan berjuang melakukan keterbukaan informasi publik dengan transparan.

Baca Juga  Pelatihan Petani ke 13 juta, Mentan SYL Minta Semua Bersiap Hadapi El Nino

 

Setelah meraih predikat informatif, tahap berikutnya dalam kompetisi KIP yaitu visitasi dan wawancara untuk mendapatkan peringkat terbaik badan publik dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi publik di lingkup .

 

Wahyu Indarto, S.Sos, Ketua Tim Kerja Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Kementerian Pertanian mengungkapkan dalam kompetisi KIP tahun ini aspek yang dinilai bukan hanya inovasi tetapi juga sistem.

 

“Tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, kami bukan saja menilai inovasi tetapi juga sistem dalam penyelenggaraan KIP”, ungkap Wahyu dalam kesempatan visitasi dan wawancara KIP di beberapa waktu lalu.

 

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian, Yusral Tahir mengatakan lembaganya terus berkomitmen untuk mendukung keterbukaan informasi publik.

Baca Juga  Rangkaian Pertemuan ASEAN Ministers on Agriculture and Forestry (AMAF) ke-45  

 

“Kami mendukung penuh Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan melalui penyediaan anggaran, sarana dan prasarana pendukung, sumberdaya manusia yang kompeten, serta pengelolaan pelayanan informasi publik yang cepat, mudah, dan transparan sesuai dengan amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik”, jelas Yusral

 

Yusral melanjutkan, upaya-upaya yang telah dilakukan lembaganya dalam mendukung KIP

 

“Kami memberlakukan sistem reward dan punishment bagi petugas dan pemohon informasi, tak lupa juga kami selalu meng upgrade inovasi kami agar pelaksanaan KIP di sini berkualitas”, lanjut Yusral

 

Salah satu juri KIP yang hadir dalam visitasi dan wawancara, Astrid Debora Meliala, mengapresiasi penyelenggaraan KIP di

 

Baca Juga  Tekankan Peran Penting Penyuluh, Mentan Akan Hadiri Jambore Penyuluh Pertanian di Sulteng

“Saya sangat apresiasi dengan karena mampu bertahan sejauh ini, selalu masuk kategori informatif dan mengkuti tahap dua di tengah persaingan UK/UPT yang baru bermunculan”, kata Astrid.

 

Kegiatan visitasi dan wawancara dilakukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman pimpinan UK/UP dalam mendukung KIP di unit kerjanya. Nita/

Related articles

spot_img

Recent articles